Kamis, 07 Maret 2013

Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan



Mengeringkan pakaian dengan bantuan sinar matahari memang lebih hemat energi daripada menggunakan mesin pengering. Namun bila musim hujan datang, sering kali jemuran tidak kering sehingga pakaian-pakaian yang dijemur terpaksa dibawa masuk kembali ke dalam rumah/ruangan hingga kering. Persoalannya adalah, hal ini berpengaruh pada kesehatan keluarga anda.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Glasgow School of Art selama 3 tahun menunjukkan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dan justru malah menambah pengeluaran. Para peneliti mengatakan bahwa rata-rata rumah mempunyai kelembaban sekitar 5 hingga 10 litar air di udara pada waktu tertentu. Menjemur pakaian di dalam ruangan akan menambah kelembaban sebanyak 2 liter air atau bisa dikatakan sepertiga dari kelembaban di hari biasa.

Bahaya bahan kimia pada deterjen dan pelembut kain

Jika anda menggunakan pelembut kain, waspadalah terhadap bahan kimianya. Karena bahan kimia penyebab kanker yang bernama acetaldehydes akan terlepas ke udara di dalam ruangan dalam jumlah yang cukup banyak. Bahan-bahan kimia lain yang biasa digunakan pada deterjen juga bisa mencemari udara. Jumlahnya akan meningkat sejalan dengan naiknya kadar uap air ke udara.

Ketika anda menjemur pakaian di dalam ruangan, spora jamur akan beredar sebanyak 300 persen lebih tinggi dari kadar aman. Dua puluh lima persen rumah yang telah disurvei, para peneliti menemukan spora jamur yang disebut Aspergillus fumigatus dalam jumlah yang tinggi. Jamur ini dikenal dapat menyebabkan infeksi paru-paru pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Rumah yang lembab juga dapat menyuburkan pertumbuhan tungau debu. Tungau ini dikenal bisa mengakibatkan serangan asma dan alergi.

Terkait dengan masalah pengeluaran biaya ekstra, temuan menarik yang didapatkan para peneliti adalah sekitar 23 hingga 37 persen rumah yang disurvei, pemilik rumah cenderung meningkatkan suhu di ruangan menggunakan pemanas. Hal ini tentu bertolak belakang dari tujuan penghematan energi.

Adapun hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menghemat energi dan memperkecil risiko gangguan kesehatan terkait dengan menjemur pakaian di dalam ruangan adalah :

    Jika memungkinkan, buatlah tempat atau ruangan khusus untuk menjemur pakaian di luar ruangan. Anda bisa memanfaatkan halaman belakang yang diberi atap.
    Jika ada dana lebih, belilah mesin cuci dengan sensor otomatis yang dapat menon-aktifkan pengering saat pakaian telah kering. Pilihlah mesin yang mempunyai putaran lebih cepat, idealnya sekitar 1800 rpm. Hal ini karena mesin yang berputar cepat dapat membuat air keluar lebih cepat pula dari pakaian.
    Jangan lupa untuk membersihkan saringan/filter mesin karena hal tersebut akan mengurangi beban energi yang digunakan mesin.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan; Ditulis oleh hakim jordison; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh kunjungi \ - Support fashion pakian dalam dan underwear