Sabtu, 09 Maret 2013

7 Tips Memilih BH atau Bra Yang Sehat


Payudara adalah bagian tubuh yang lembut dan sensitif karena tidak mengandung massa otot. Penggunaan BH atau bra yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada payudara. Bila BH Anda terlalu ketat, payudara Anda akan tertekan sehingga menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan iritasi. Bila BH Anda terlalu longgar, payudara Anda akan kendor/menggantung karena kurang ditopang. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan BH yang tepat setiap hari.

Berikut adalah tips memilih BH yang tepat untuk Anda:

    Usahakan untuk mencoba/mengepaskan BH sebelum Anda membeli. BH yang pas akan menahan payudara Anda dengan baik tetapi tidak menekan sehingga meninggalkan bekas di kulit pundak maupun punggung Anda. Jangan malu atau ragu untuk mencoba BH sebelum membeli dan jangan mengandalkan informasi dari pramuniaga. Andalah yang paling bisa merasakan mana BH yang paling sesuai dengan tubuh Anda. Jangan membeli BH hanya dengan melihat-lihat kecuali Anda telah menggunakan merek, ukuran dan tipe yang sama sebelumnya. Bila Anda tidak diizinkan mencoba BH, cari toko lain yang mengizinkan Anda melakukannya.
    Bila ukuran payudara Anda membesar sebelum atau selama menstruasi, sebaiknya tidak membeli BH pada masa-masa tersebut karena Anda akan membeli BH dengan ukuran terlalu besar. Anda mungkin perlu memiliki BH khusus untuk masa-masa tersebut (dan juga di saat lain ketika payudara membesar, misalnya ketika hamil dan menyusui).
    Ukuran BH ditunjukkan dalam lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Ukuran BH dalam lingkar dada dinyatakan dalam angka, misalnya 32, 34, 36 (AS), atau 70, 75, 80 (Eropa/Internasional). Ukuran besarnya payudara dinyatakan dalam huruf, yaitu A, B, C, dst. Ketahuilah pasangan ukuran mana yang tepat dengan tubuh Anda. Bila ukuran payudara Anda berbeda antara yang kanan dan kiri, pilihlah ukuran payudara yang lebih besar sebagai patokan.
    Pilihlah BH dari bahan katun atau serat mikro karena lebih nyaman untuk kegiatan sehari-hari. Bahan ini mengikuti kontur tubuh dan berpori-pori sehingga kulit Anda bisa bernafas leluasa. Hindari membeli BH yang sudah kedaluwarsa sehingga tidak lagi lentur saat dipakai, meskipun dijual dengan harga diskon atau obral.
    Pilihlah pengikat/tali BH yang elastis karena lebih memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bila Anda menyesuaikannya dengan tepat. Namun, jangan menggunakan tali BH dari bahan yang terlalu lentur seperti lycra, spandex, dll karena kurang memberikan daya topang bila payudara Anda cukup besar.
    Untuk mangkuk BH, Anda boleh memilih yang berbusa atau tanpa busa, asalkan terasa nyaman. Mangkuk BH tanpa busa terasa lebih “mencengkeram”, namun mungkin sedikit kurang nyaman dibandingkan yang berbusa. Anda bisa berganti-ganti di antara kedua tipe sesuai aktivitas dan preferensi Anda.
    Gunakanlah BH khusus saat berolah raga. Ada banyak jenis BH khusus olah raga, namun semuanya memiliki fungsi khusus yaitu mengurangi goyangan payudara tanpa membuatnya tertekan. Untuk itu, BH khusus olah raga biasanya tidak memiliki kerangka dan bertali besar yang terikat kuat untuk memberikan dukungan maksimal. Tali BH mungkin bersilangan di punggung (berbentuk X atau Y) untuk memberikan keleluasaan gerak dan bahan yang dipakai biasanya berpori-pori sehingga dapat menyerap dan mengeringkan keringat. Ketika memilih BH khusus olah raga, pastikan juga Anda telah mengepaskannya dengan tubuh Anda. Cobalah BH dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk mengetahui apakah Anda akan nyaman mengenakannya saat berolah raga.

temukan info menarik tentang Pakaian dalam
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: 7 Tips Memilih BH atau Bra Yang Sehat; Ditulis oleh hakim jordison; Rating Blog: 5 dari 5

2 komentar:

Template oleh kunjungi \ - Support fashion pakian dalam dan underwear